Monday 9 March 2015

analis kesehatan

APA ITU ANALIS KESEHATAN ?, buat para calon mahasiswa alias yang baru lulus SMA pasti waktu pertengahan tahun adalah saatnya berburu tempat kuliah untuk menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Salah satu tempat terutama kampus negeri yang menjadi tujuan tempat kuliah para calon mahasiswa adalah poltekkes semarang, walaupun faktanya banyak masyarakat jawa tengah yang justru tidak tahu apa itu poltekkes. Karena ternyata selama ini yang diketahui masyarakat umum adalah kampus jurusan keperawatan negeri, kampus jurusan gizi negeri, dan salah satunya kampus jurusan analis kesehatan negeri. Tapi tahukah anda?, beberapa jurusan tersebut ternyata merupakan jurusan yang dikelola dalam 1 institusi yaitu poltekkes semarang. Poltekkes sendiri berada dibawah kementrian kesehatan, nah,..dari penjelasan diatas mudah2an pada bisa ngerti kalau institusi kesehatan negeri di jawa tengah ya POLTEKKES KEMENKES SEMARANG.

Nah, salah satu jurusan di poltekkes kemenkes semarang yang baru adalah analis kesehatan, jurusan ini baru berumur 3tahun (3tahun ketika saya menulis ini). Analis sendiri ternyata bukan hanya analis kesehatan saja looooh,..ada juga analis farmasi dll. Bedanya apa gan?,..bedanya tentunya materi yang didapat pastinya, kalau diibaratkan ya mirip manajemen informatika, sama teknik informatika gituu laah..(kaga ngerti juga..wkwkwk),..

Di analis kesehatan, kamu bakal dapet materi pemeriksaan penyakit sampe kedalam-dalam...hahaha..tapi kekurangannya tentusaja kita tidak tau tentang macam pengobatanya secara mendalam..naah, kekurangan itulah yang nantinya akan dilengkapi oleh analis farmasi !..jadi disini, profesi kita saling melengkapi.

Kerjaan analis kesehatan ngapain si gan?,..nah,..kalau kalian pernah ke rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, pasti ketika periksa, entah diambil darah, atau disuruh kencing dll. Nantinya darah kalian akan ditaruh ditempat yang sudah ditentukan kan?, nah darah kalian nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa, nah,..disitulah tugas seorang analis kesehatan untuk memeriksa,..

Memeriksa penyakit?, penyakit apa gan?,..bukannya yang memeriksa itu dokter ya?,..memang, anda akan berhadapan dengan dokter, tapi kalian juga biasanya lihat kalau dokter pasti pegang kertas2 hasil pemeriksaan kaan?, dan waktu kalian pulang pasti dikasih amplop yang isinya hasil pemeriksaan kaaan?,..naah, kertas2 itu asalnya dari laboratorium loooh,..yang memeriksa dan menulis hasil itu analis !!,...

Kaya gambar disamping ituu,..itu gue lagi periksa sampel plasma,pake alat biru yang gede bgt tuuh,mengoprasikannya lewat komputer pastinya ...wkwkwk,....bingung ga tuuh,...plasma apaan sii?,..ahh,..buat yang bingung yaa darah pasien laah pokoknya,...

penyakit apa saja yang bisa dijelaskan secara medis kita pelajari pastinya. Dari mulai yang sederhana, cek Hb, gula darah, kolesterol, bahkan penyakit berat sekalipun seperti TBC,HIV-AIDS,...

Looh..cek Hb?, gula darah?, perawat di tempatku juga bisa qo gan,..
Eiits,..tunggu dulu,..mungkin perawat, bidan, dan dokter, bahkan ahli kesehatan lain bisa,..tetapii!!,analislah yang terlatih dan mempunyai kewenangan bahkan sertifikat untuk memeriksa yang demikian looh...analis sendiri juga diajari ilmu pengobatan qoo..walaupun sedikit, mungkin perawat juga diajari cara mengambil darah dll, tetapi yang berwenang melakukan pemeriksaan semua itu adalah analis pastinya !!..walaupun yang berhak menyimpulkan hasil akhir adalah dokter.

Jadi jangan salah, tanpa bantuan analis dokter pun tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan pemeriksaan penyakit berat yang membutuhkan pemeriksaan laboratorium.

nih temen gue lagi ngotak atik darah pasien biar bisa diperiksa,...
Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Unordered List

Support